Tips Memilih Rumah

Tips Memilih Rumah yang Tepat Agar Tidak Menyesal

Memiliki rumah idaman adalah impian setiap orang terutama bagi mereka yang baru memiliki keluarga. Hunian yang nyaman dan aman adalah yang paling banyak dicari. Nah, buat kamu yang saat ini sedang mencari rumah, simak tips memilih rumah yang tepat agar kamu tidak menyesal.

Membeli rumah bukan seperti beli makanan yang bila makanan tersebut tidak enak maka bisa diganti dengan makanan lain, atau seperti beli baju yang bisa ditukar dengan mudah bila tidak pas.

Disamping karena harganya yang mahal membeli rumah memiliki proses-proses yang cukup panjang terutama dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Berikut adalah 3 tips untuk memilih rumah yang tepat.

Menentukan Lokasi yang Sesuai

Memilih rumah adalah memilih tempat tinggal yang akan ditempati dalam jangka waktu yang panjang bahkan bisa jadi seumur hidup. Oleh karenanya menentukan lokasi yang sesuai dengan kondisimu saat ini merupakan hal penting.

Misal, bila saat ini kamu sedang bekerja di sebuah tempat dan membutuhkan mobilitas yang cepat, maka kamu harus memilih rumah yang berada di dekat akses tol ataupun bandara.

Selain itu kamu juga harus memastikan adanya fasilitas umum yang mendukung kebutuhan keluargamu. Misal, bila kamu memiliki anak yang butuh tempat bermain maka kamu bisa pilih lokasi rumah yang dekat dengan lapangan dan taman bermain.

Bila kamu tinggal di Depok, De Ersa Super adalah perumahan yang dapat memenuhi kebutuhanmu terkait ketersediaan lapangan dan taman bermain.

Tidak hanya dekat dengan lapangan, fasilitas umum yang tersedia di dekat sana juga ada posyandu untuk kebutuhan kesehatan, masjid untuk kebutuhan ibadah dan PAUD untuk kebutuhan pendidikan anak.

Selain itu, masalah keamanan tidak perlu dikhawatirkan karena ada security 24 jam di gerbang depan.

Cek Fasilitas Rumah

Setelah memastikan lokasi yang tepat, kamu juga harus menyesuaikan dengan fasilitas rumah yang diberikan. Berapa luas tanah dan bangunannya, berapa jumlah kamar mandi dan kamar tidur yang disediakan.

Menentukan berapa jumlah kamar mandi dan kamar tidur yang tepat akan bergantung pada kondisi keluargamu saat ini, seperti jumlah anak, dan juga jumlah anggota keluarga lainnya yang kemungkinan akan ikut tinggal.

Beberapa orang juga melihat fasilitas tambahan seperti kesediaan rooftop, mezzanine atau sejenisnya. Bila kamu adalah tipe orang yang butuh ketenangan dan udara segar setiap saat kamu bisa pilih fasilitas rumah yang memiliki rooftop.

Hitung Kembali Anggaran

Kamu harus cek kembali anggaranmu untuk memastikan bahwa rumah yang kamu pilih tidak kemahalan dan membuat kantongmu jebol.

Cek juga mekanisme pembayaran yang bisa dilakukan, apakah memungkinkan untuk dicicil atau hanya bisa cash keras.

Bila ia bisa dicicil apakah bisa melalui bank yaitu dengan KPR atau cicil melalui developer. Kalau bisa melalui KPR maka pastikan agar dapat keberkahan gunakan KPR bank syariah ya.

Pastikan juga bahwa harga rumah yang ditawarkan sesuai dengan harga rumah di pasaran dengan jenis yang sama. Jangan sampai kamu membeli rumah dengan harga yang terlalu mahal.

Pada prinsipnya faktor-faktor untuk memilih rumah yang tepat dikembalikan kepada si pembeli. Namun, 3 tips di atas bisa menjadi acuan karena ketiga tips di atas adalah yang umum digunakan untuk memastikan bahwa rumah yang dibeli itu worth it.

Semoga ketiga tips ini bisa membantumu untuk menentukan rumah yang tepat. Ingatlah bahwa beli rumah artinya membeli aset jangka panjang. Ia akan ditempati dalam waktu yang lama bahkan mungkin sampai akhir hayat jadi pastikan pembelian yang kamu lakukan adalah pembelian yang terbaik.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *